Pages

clock

calendar


Riasa Rizky. Powered by Blogger.

Total Pageviews

Friday 27 February 2015

Aturan Islam Dalam Menjaga Kehormatan Wanita


    Manusia hidup didunia harus memiliki aturan dan harus mematuhi peraturan tersebut, aturan dibuat bukan hanya sebagai omong kosong belaka, namun aturan akan membuat hidup lebih teratur, sebelum Islam datang aturan yang ada adalah aturan jahiliyah yaitu aturan yang dibuat oleh manusia (thogut) hingga saat ini pun aturan tersebut masih ada bahkan masih berlaku dan di jadikan panutan oleh sebagian manusia. Manusia yang menjadikan (thogut) sebagai acuan aturan kegidupan mereka akan memiliki system kehidupan yang kacau, apalagi Manusia yang tidak mempunyai aturan, tentu akan memiliki system kehidupan yang jauh lebih kacau. Contohnya adalah bagsa bar bar, bangsa yang terkenal brutal.

          Islam datang dengan segala perangkat aturan yang sempurna mengangkat derajat manusia, menyinari kehidupan yang kelam, Islam mengatur kehidupan seluruh umatnya hingga hal terkecil, aturan Islam banyak tertulis dalam Al Quran maupun sunah Rasulullah SAW. Ketika seorang manusia telah berikrar dengan, mengucapkan dua kalimat syahadat dan telah mengakui Islam sebagai Dinnya maka secara otomatis manusia tersebut sudah terikat dengan aturan Islam dan mau tidak mau wajib mengikuti aturan Islam.


    Wanita merupakan salah satu ciptaan Alloh SWT yang paling indah, wanita merupakan makhluk yang khusus diciptakan oleh Alloh SWT dengan segala kelebihanya yang dimiliki. Ya…… Wanita merupakan perhiasan dunia yang paling Indah, tentu dengan segala keindahan yang dimilikin wanita, Alloh SWT menerapkan aturan yang tegas untuk muslimah. Dalam Islam kehormatan muslimah begitu dijaga dan kehormatan wanita merupakan hal yang tak ternilai.





          Menurut Ustd. Yusuf Qordowi, mengatakan 6 konsep pergaulan untuk menjaga kehormatan muslimah : yang pertama adalah memelihara kehormatan dengan cara menahan atau menjaga pandangan dari pihak-pihak lain khususnya adalah lawan jenis, pandanganyang tidak terjaga merupakan alat utama setan untuk menyesatkan hamba-hamba Alloh, berawal dari pandangan segala maksiat dapat terjadi dalam Al Quran pun sudah tegas aturan untuk menjaga pandangan bagi wanita maupun pria.

24:30-31


“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”. (QS An nur : 30)


dan Katakanlah kepada wanita beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara mereka, atau putera-putera saudara laki mereka, atau putera saudara-saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan –pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (an nur ayat 31)

   Maka muslimah jagalah pandangan dengan cara menundukan pandangan, agar mencegah setan dalam menyesatkan dirimu yang berharga. Konsep selanjutnya dapat di baca dalam artikel yang berjudul “Konsep Pergaulan Untuk Menjaga Kehormatan Muslimah”


separador

0 comments:

Post a Comment

pict

pict

pict

pict

Followers

Translate