Pages

Sunday 2 January 2022

Construction zone

 Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most Merciful.


Anak yang kedua suka sekali dengan mobil mobilan pembangun. Jika ia melihat di jalan terdapat lahan yang sedang di bangun dan terdapat alat berat pasti ia sangat tertarik.

Pun, saat ia pergi bersama ayah dan di jalan melihat exavator ataupun alat berat lainya ia akan bercerita kepada umma.

Akhirnya, umma membuat sensory bin yang bertema kan cosntruction zone. Kebetulan terdapat mobil mobilan alat berat di kotak mainan anak anak.

Agar lebih seru dan bersemangat belajar, kita akan bermain dengan tanah, batu ranting, biji dll. Karena biasanya mereka hanya memainkan di atas karpet atau ubin.

Untuk base sensory bin, seperti yang sudah disebutkan terdapat tanah, biji, kerikil, batu, ranting kecil dan ranting sedang sebagai kayu.

Disini umma juga menyiapkan beberapa sendok agar anak anak mampu berimajinasi lebih luas.



Hal yang paling penting adalah umma juga ingin menyampaikan sebuah hadits rasulullah saw.

Cara bermain :

1. Ajarkan anak doa sebelum belajar.

2. Jelaskan kepada anak bahwa kali ini kita akan bermain angkutan untuk membangun.

3. Beritahu nama nama atau jenis angkutan tersebut, dan kegunaanya.

4. Berikan anak media bermain agar mereka bereksplor.

5. Jika sudah, bacakan hadits ya bu


Rasulullah SAW bersabda bahwa islam di bangun atas lima sendi, yaitu bersaksi tidak Robb selain Allah SWT dan bahwa Muhammad utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan haji dan puasa Ramadhan.

Seperti halnya mobil mobilan berat ini membangun sendi sendi gedung yaitu membuat bangunan agar menjadi kokoh, tinggi, kuat, tidak runtuh dsb. Sama dengan rukun islam yang telah di sebutkan tadi

1. Syahadat

2. Shalat

3. Zakat

4. Haji

5. Puasa

merupakan sendi sendi yang mengkokohkan ibadah kita sebagai hamba Allah.

Yuk hafalkan rukun islam ! 


سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Ya allah bantu, bimbing kami..

No comments:

Post a Comment