Pages

Friday, 28 January 2022

Arranging Books

Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most Merciful.



Hari ini mba pergi ke sekolah, umma daud dan moussa di rumah menanti.


Moussa agak kurang enak badan, karena terkena bapil dan sempat demam. Akhirnya kami memutuskan istirahat saja.


Di sore hari anak anak sudah sedikit fresh, juga mba sudah pulang dari sekolah. Jadi, umma ingin mengajak mereka bermain. Permainan sederhana saja.


Yaitu mengenalkan konsep mengatur. Apa sih mengatur ? Bagaimana cara mengatur ?

Bagaimana dampak dari keteraturan ?

Siapa pengatur seluruh alam semesta ?


Permainan pertama umma mengajak anak anak untuk mengatur buku di rak sesuai ukuran.


Berdoa sebelum belajar terlebih dahulu ya, agar ilmu yang terserap bermanfaat.


Umma intruksikan untuk mengambil buku buku dari rak lalu mengatur buku sesuai ukuran. Setelah buku tersebut di kelompokkan menurut ukuran, baru boleh di letakkan di rak buku. Atur buku di rak buku sesuai ukuran juga ya, untuk buku yang lebih besar di letakkan di urutan belakang dan buku yang paling kecil di urutan paling depan.


Anak anak sangat antusias untuk merapihkan buku buku tersebut. Buku buku yang telah di atur dan tertata rapi, sangat indah di lihat dan membuat kita semangat membaca.


Permainan kedua adalah dengan mengatur batu yang bereserakan.

Umma mencapur batu besar dan batu kecil dan meminta mereka untuk mengatur batu batu tersebut sesuai kelompokknya.

Batu besar dengan batu besar dan batu kecil dengan batu kecil. Setalah itu batu batu tersebut di masukkan kedalam kantong plastik sesuai kelompoknya.

Bacakan surat al quran, 

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

فَبَدَاَ بِاَ وْعِيَتِهِمْ قَبْلَ وِعَآءِ اَخِيْهِ ثُمَّ اسْتَخْرَجَهَا مِنْ وِّعَآءِ اَخِيْهِ ۗ كَذٰلِكَ كِدْنَا لِيُوْسُفَ ۗ مَا كَا نَ لِيَأْخُذَ اَخَاهُ فِيْ دِيْنِ الْمَلِكِ اِلَّاۤ اَنْ يَّشَآءَ اللّٰهُ ۗ نَرْفَعُ دَرَجٰتٍ مَّنْ نَّشَآءُ ۗ وَفَوْقَ كُلِّ ذِيْ عِلْمٍ عَلِيْمٌ


"Maka mulailah dia (memeriksa) karung-karung mereka sebelum (memeriksa) karung saudaranya sendiri, kemudian dia mengeluarkan (piala raja) itu dari karung saudaranya. Demikianlah Kami mengatur (rencana) untuk Yusuf. Dia tidak dapat menghukum saudaranya menurut undang-undang raja, kecuali Allah menghendakinya. Kami angkat derajat orang yang Kami kehendaki; dan di atas setiap orang yang berpengetahuan ada yang lebih mengetahui."

(QS. Yusuf 12: Ayat 76)


Allah SWT mengatur semua urusan manusia di muka bumi, juga di dalam kisah nabi Yusuf as ini, Allah SWT mengatur rencana perihal rencana Nabi Yusuf as terhadap saudaranya. Dalam saurat ini adalah salah satu contoh kuasa Allah SWT dalam mengatur urusan hambanya.

Termasuk urusan kita, Allah SWT telah mengatur seluruhnya, tiada yang luput bagi Nya. Allah SWT sangat sayang kepada kita. Mari bersyukur kepada Allah.

Bagaimana barang barang yang sudah di atur ?

Lebih suka mana barang yang tidak di atur atau di atur ?

Ajarkan doa penutup majelis

سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Yaa allah bantu, bimbing kami..

Thursday, 27 January 2022

Let's make the Thorne

Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most Merciful.


Hari ini anak anak akan bermain membuat singgasana. Tapi sebelumnya, mba umma ajak untuk membantu memasak, mba bertugas mengupas bawang merah dan bawang putih.

Akhir akhir ini mba, sedang menyukai warna ungu, iq pun tetkejut ketika bawang merah saat di kupas memiliki warna keunguan. Ia pun berkata " warna ungu ciptaan Allah ya umma ?". Umma pun menjawab "betul sekali, warna ungu, bawang bawangan adalah ciptaan Allah". Untuk umma, dialog dialog ringan seperti inu sangat berarti. Dialog yang selalu menyertakan Allah di dalam nya. 

Allah telah memampukan anak anak untuk menyerap apa yang umma ajarkan selama sebulan ini, bahwa Allah adalah pencipta. Maa sya allah Tabarakallah.

Lalu mba bertugas memotong tempe. Ia sangat eksited sekali dengan pisau potong. Karena memang mba tidak diperbolehkan menggunakan pisau potong sembarangan. Khawatir membahayakan.

Lalu mba, abang dan adik belajar di play room. Kali ini umma memberikan spidol untuk mereka. Biasanya umma memberikan krayon untuk mewarnai. Akhirnya kami mewarnai dan mengambar.

Setelah itu anak anak umma ajak untuk membuat singgasana. Menggunakan bangku kecil, selimut, dan boneka boneka. Anak anak sangat senang membuat singgasana, karena ini baru pertama kali mereka lakukan.

Menutupi kursi dengan selimut bulu, meletakkan kasur kecil di bawah kursi dan di hiasi dengan boneka boneka. Inilah singgasana sederhana anak anak.


Lalu umma membacakan surat dalam al quran , 

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّا مٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِ يُدَبِّرُ الْاَ مْرَ ۗ مَا مِنْ شَفِيْعٍ اِلَّا مِنْۢ بَعْدِ اِذْنِهٖ ۗ ذٰ لِكُمُ اللّٰهُ رَبُّكُمْ فَا عْبُدُوْهُ ۗ اَفَلَا تَذَكَّرُوْنَ

"Sesungguhnya Tuhan kamu Dialah Allah yang menciptakan langit dan Bumi dalam enam masa kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy (singgasana) untuk mengatur segala urusan. Tidak ada yang dapat memberi syafaat kecuali setelah ada izin-Nya. Itulah Allah, Tuhanmu, maka sembahlah Dia. Apakah kamu tidak mengambil pelajaran?"

(QS. Yunus 10: Ayat 3)

Allah duduk di atas Arsy atau seperti singgasana, Allah mengatur segala urusan dari sana. Namun singgasana Allah SWT lebih bagus dan lebih keren. 

Masih ingatkah kah kita bermain apa kemarin, apa yang Allah SWT atur ? 

Setelah selesai bermain, mba membereskan singgasana.

سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Yaa allah bantu, bimbing kami..

Wednesday, 26 January 2022

Day and Night Plate


Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name Rabb, most Gracious, most Merciful.


Alhamdulillah robbilalamin, selesai sudah pemberian materi Allah SWT sebagai pencipta. Selama satu bulan umma telah menggenalkan banyak benda bernyawa maupun tidak bernyawa kepada anak anak. 

Hari ini, memulai dengan materi baru yang insya allah juga dilaksanakan kurang lebih satu bulan. Tema nya yaitu Allah sebagai pengatur. 




سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ


Desert Animals

Bismi-llā hi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most Merciful.


Pagi hari seperti biasa, umma mengajak anak anak untuk berolah raga pagi. Pagi ini mereka bermain di taman bermain. Umma mengajak anak anak dan ayah mengantikan umma, yaitu memasak sarapan. 

Setelah cukup puas berlarian di taman, mengamati banyak hal dan mengasah motorik kasar, kami memutuskan untuk pulang ke rumah untuk sarapan. Alhamdulillah saat tiba ayah sudah selesai memasak.

Setelah itu, ayah pergi ke kerja jadi hanya umma dan anak anak di rumah. Karena umma kelelahan umma memutuskan untuk istirahat terlebih dahulu. Planning bermain umma pindahkan pada sore hari.

Ternyata saat sore mba ingin bermain bersama teman sebaya di luar, it's ok dengan syarat sebelum adzhan harus pulang ke rumah.

Setelah maghrib kami belajar iqro dan membaca Al Quran. Setelah itu membaca buku sebentar, karena ayah mengajak untuk membeli lauk untuk makan malam. Akhirnya kami pun kembali keluar untuk membeli makan malam.

Setelah makan malam, umma tawarkan kepada anak anak, apakah ingin bermain bersama umma ? Atau sudah lelah ?, akhirnya mereka ingin bermain bersama umma.

Umma ingin mengenalkan binatang yang tinggal di gurum yang tertulis dalam Quran.  Caranya dengan menempel hewan hewan tersebut pada kertas yang sudah umma gambar gurun.


Hewan hewan tersebut antara lain unta, ular dan laba laba. Tugas anak anak hanya menempel ke dalam kertas. Lalu umma jelaskan bahwa binatang tersebut terdapat di gurun pasir. Seperti unta adalah kendaraan favorite orang orang pada masa Rasullullah SAW jaman dahulu. Rasul SAW juga suka mengendarai unta saat berpergian.

Lalu ada laba laba dan ular juga. Ular gurun biasanya sangat berbisa dan mempunyai derik di bagian buntut nya. Ketiga hewan ini Allah SWT sebut dalam Al Quran .


Setelah mereka mengelem dan menempel pada kertas, umma menyiapkan kertas origami yang telah di potong bersegi panjang untuk di rangkai menjadi ular.



Tugas mereka adalah memberikan lem dan merangkai, namun harus di bantu oleh umma. Setelah selesai di berikan mata dan lidah yang menjulur.


سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Ajarkan doa penutup majelis dan apresiasi anak atas apa yang mereka lakukan.

Yaa allah bantu, bimbing kami..


Monday, 24 January 2022

Halal and Haram Animals

Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most Merciful.


Setelah kemarin belajar tentang hewan hewan di hutan yang tertulis dalam quran, hari ini umma ingin mengenalkan kepada anak anak jenis hewan yang boleh di makan (halal) dan tidak boleh dimakan (haram).

Kebetulan sekali umma memasak ikan hari ini, jadi selain hewan yang ada di sensory umma juga menambahkan bahwa ikan adalah hewan yang boleh dimakan. Bagaimana rasa ikan ? Apakah kalian suka makan ikan ?

Adapun, hewan hewan yang di dalam kotak sensory antara lain :

Hewan halal

1. Unta : Al Ghasiyah : 17

2. Sapi : Al Baqarah : 67

3. Kambing : An an'am : 143

Hewan haram

1. Babi : Al Baqarah : 173

2. Anjing : Al Khafi : 22

Cara bermain :

1. Ajak anak untuk berdoa sebelum belajar
2. Kenalkan kepada anak hewan hewan yang ada di dalam kotak sensory dan sebutkan mana hewan yang halal dan mana yang haram.
3. Minta anak untuk bermain, jangan lupa siapkan sendok dan gelas gelas plastik kecil.
4. Jika sudah cukup, bacakan surat tentang hewan tersebut.
5. Ajak untuk membantu membersihkan mainan ya buibu
6. Apresiasi anak atas apa yang telah mereka kerjakan, berikan sentuhan lembut kasih sayang untuk mempererat bonding.

سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Ada banyak hewan yang di ciptakan oleh Allah SWT di dunia ini, mereka semua ciptaan Allah SWT, meskpun begitu, tidak semua hewan Allah perbolehkan untuk dimakan. Ada hewan yang Allah SWT larang untuk di makan oleh manusia.

Hari ini umma memasak ikan, ikan adalah salah satu hewan yang boleh manusia makan baik yang sudah mati ataupun ikan yang masih hidup sebelumnya.

Selain ikan ada udang, cumi cumi, gurita, kerang kerangan, kepiting, hewan hewan laut boleh kita makan. 

Daging hewan apa yang kalian suka ?
Alhamdulillah kita harus selalu bersyukur kepada Allah atas anugrah nikmat yang telah diberikan. Allah telah menyediakan alam yang di isi dengan flora dan fauna oleh Allah SWT, oleh karena itu manusia sebagai makhluk ciptaan allah yang di tugaskan untuk menjadi khalifah di bumi, haruslah mejaga, merawat, melindungi apapun yang telah Allah berikan. Bukan malah sebaliknya merusak bumi yang mengakibatkan tidak ridhonya sang Pemilik bumi.

Yaa allah bantu, bimbing kami..

Saturday, 22 January 2022

Mengapa menggunakan sensory bin dalam bermain pada anak preschool ?

Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most Merciful.

MENGAPA MENGGUNAKAN SENSORY BIN DI PRESCHOOL?



diposting oleh Vanessa Levin, artikel asli berbahasa inggris.


Sensory bin tidak hanya menyenangkan, tetapi juga merupakan bagian penting dari pengalaman belajar anak usia dini. Anak-anak kecil belajar paling baik ketika mereka dapat menyentuh dan merasakan sesuatu, permainan sensorik memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar dengan cara yang bermakna.

Kita tahu bahwa anak-anak belajar paling baik dengan mata, telinga, dan tangan mereka. Ketika anak-anak dapat melihat, mencium, menyentuh, dan bahkan mendengar sesuatu – pengalaman belajar lebih bermakna bagi mereka, dan karenanya lebih efektif sehingga sensory bin cocok untuk di aplikasikan di kelas prasekolah dan taman kanak-kanak.


Pentingnya Menggunakan Sensory Bins di Prasekolah

Mengapa Menggunakan Sensory Bin di Prasekolah?

Permainan sensorik bersifat terbuka, artinya tidak ada hasil yang jelas dari bermain atau menjelajahi materi di dalam tempat.

Anak-anak menggunakan indra dan kreativitas mereka untuk mengeksplorasi materi yang ditawarkan di tempat sensorik mereka sendiri tanpa mengharapkan hasil akhir.

Untuk rekap, permainan bin sensorik bermakna bagi anak kecil dan memberikan kesempatan untuk bermain terbuka.

Manfaat Sensory Bin Play di PAUD

Eksplorasi Terbuka dengan Sensory Bin

Tempat  sensorik bukan tentang membuat anak-anak sibuk. Sebaliknya, tempat sensorik memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk menjadi sukses, terlepas dari kemampuan bahasa atau kognitif mereka.

Seorang anak yang berjuang untuk mengekspresikan dirinya dengan bahasa, mungkin menyentuh bermain salju untuk pertama kalinya dan mencoba untuk mengomunikasikan bagaimana rasanya.



Ketika materi permainan di dalam tempat sensorik ditawarkan kepada anak-anak tanpa mengharapkan hasil akhir, anak-anak akan menggunakan imajinasi dan kreativitas mereka untuk memahami materi dengan cara mereka sendiri. Pengalaman ini sering disebut sebagai eksplorasi terbuka.

Bisakah Sensory Bins Menjadi Edukasi?

Ya! Memiliki tempat sensorik di dalam kelas dapat mendukung berbagai keterampilan akademik. Saya telah mencantumkan beberapa keterampilan itu untuk Anda di bawah ini:


Perkembangan bahasa lisan

Kreativitas

Imajinasi

Kapasitas

Volume

Keterampilan motorik halus

Pengukuran

Kemampuan berpikir kritis

Meskipun benar bahwa tempat sensorik bisa berantakan, manfaat belajar jauh lebih besar daripada negatifnya. Tempatkan beberapa pengki dan sapu kecil di dekat tempat sensorik Anda dan undang anak-anak untuk membersihkan semua kekacauan yang mereka buat setelah mereka selesai bermain. 



Jika Anda membuat tempat  sensorik untuk anak Anda bermain di rumah, pertimbangkan untuk menempatkan tempat sensorik di luar ruangan atau di permukaan yang keras seperti ubin sehingga kotoran apa pun dapat dibersihkan dengan cepat dan mudah.

Tentang Vanessa Levin

Selamat datang di Halaman Pra-K! Saya Vanessa, seorang guru Pra-K dengan pengalaman kelas lebih dari 20 tahun.



Jungle Animals

Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most Merciful.

Hari ini niatnya umma ingin bersantai sejenak, ingin menulis di buku karena anak anak di saat pagi hari sudah bermain bersama, yaitu bermain fisik.

Hari ini mba malika sekolah dan di dekat sekolahnya ada taman bermain untuk olah raga anak anak. Jadilah setelah mengantar mba malika kami mampir untuk berolahraga bersama anak anak seperti ayunan, perosotan dll. 

Tetapi entah mengapa seperti ada sesuatu yang kurang, mba malika juga pulang sore karena pulang sekolah di jemput ayah langsung di ajak ke suatu tempat untuk keperluan dan sampai rumah di sore hari.



Akhirnya saat anak anak keluar rumah bersama ayah di sore hari umma menyiapkan permainan untuk mereka. Meskipun bermain di akhir sore mereka lebih semangat dan lebih kondusif disaat bermain di akhir waktu pagi.

Hari ini umma ingin anak anak belajar tentang hewan hewan hutan yang tertulis dalam Al Quran. Diantaranya Singa, kera dan gajah.



Cara bermain :

1. Ajak anak berdoa bersama sebelum belajar

2. Jelaskan kepada anak kita akan bermain mengenal hewan hewan hutan yang tertulis dalam quran.

3. Minta anak untuk menyebutkan satu persatu hewan yang ia ketahui. 

Apa nama hewan ini ?

Bagaimana suaranya ?

apa warna bulu di badan nya ?

4. Berikan anak seperti sendok, gelas kecil, gunting untuk bermain sensory bin.

5. Setelah cukup waktu yang diberikan untuk anak anak bermain, Tanya kan kepada anak bagaimana wangi tanah, wangi kopi, wangi rumput atau sesuatu yang dibuat untuk base permainan.

6. Minta anak memilih hewan apa dahulu yang mau di bacakan salan quran.

7. Apresiasi anak atas apa yang telah di lakukan, lakukan dengan diberikan sentuhan kasih sayang ya ..

8. Ajarkan anak untuk berdoa sesudah belajar

سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Sejauh ini anak anak sudah mulai paham siapa pencipta alam semesta, siapa yang menciptakan manusia, batu, tumbuhan, hewan dan semuanya.

Hal ini, karena setiap kami ajak anak anak bermain di luar dan melihat tumbuhan atau apapun mereka selalu berkata "ini di ciptakan oleh Allah ya umma ?"

Atau ketika kita akan memulai untuk bermain sensory bin dan melihat hewan hewan mba akan berkata "ini ciptaan Allah ya umma?"

Dan ketika saat kita sedang melakukan sesuatu mba biasanya juga sering bertanya "mba, daud, moussa di ciptakan oleh Allah ya umma ?"

Sedangkan di lain waktu, umma mencoba bertanya kepada abang moussa, "siapa yang menciptakan matahari, bulan, bintang?" Alahmdulillah abang sudah tau bahwa Allah lah yang menciptakan.

Yaa allah bantu, bimbing kami..




Thursday, 20 January 2022

Insect Sensory Bin

Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most Merciful.


Setelah kemarin belajar tentang hewan  laut, yaitu paus biru, hari ini umma ingin mengenalkan kepada anak anak bintang serangga yang tertulis dalam quran.

Binatang tersebut antara lain lebah, nyamuk, laron,belalang dan lalat.

Qodarullah dari shubuh sudah di guyur hujan, cuaca pun mendung dan gelap. Tetapi alhamdulillah anak ank sempat mencari bunga bunga untuk bermain. Setelah itu hujan turun, gerimis.


Umma selalu mengusahakan anak anak untuk olah raga sebelum bermain. Memungut bunga, ranting, biji atau apapun itu yang membuat anak bermain di outdoor.

Umma menunggu hingga gerimis reda, karena umma selalu memilih untuk bermain di luar jika bermain sensory. Akhirnya menjelang siang kami memutuskan untuk bermain di luar.

Cara bermain.
1. Berdoa sebelum belajar
2. Jelaskan kepada anak bahwa kita akan belajar serangga yang tertulis dalam quran
3. Minta anak menyebutkan hewan hewan yang ada.
4. Biarkan anak bermain, jangan lupa siapkan sendok, gelas plastik kecil. Umma juga menyiapkan gunting untuk anak anak 2,5 tahun dan 4 tahun mengunting bunga bunga.
5. Setelah cukup minta anak untuk memilih mana dulu binatang yang mau di bacakan dalam quran.
6. Setelah selesai ajak untuk membaca doa kafaratul majelis.
7. Minta anak untuk membereskan mainan bersama.

Untuk base permainan, umma menggunakan beras, kopi dan daun teh kering.




Anak anak sangat menikmati, mereka berperan sebagai penjual makanan dan umma sebagai pembeli. 

Untuk binatang yang di buat permainan berikut ayat quranya :

Lebah          : An Nahl   68
Belalang     : Al Qomar 7
Laron          : Al Qoriah  4
Nyamuk      : Al Baqarah 26
Lalat           :  Al Hajj       73



سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ


Animal Sea

Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most Merciful.


Hari ini anak anak ingin umma kenalkan pada salah satu hewan yang hidup di laut, yaitu paus biru.

Paus biru merupakan salah satu hewan yang tertulis pada Al Quran. Dikisahkan bahwa Nabi Yunus di telan oleh ikan besar di lautan, karena meninggalkan kaumnya.

Sebelumnya, umma sudah menyiapkan bahan bahan untuk membuat sensory play. Umma sengaja membuat dari agar agar untuk bagian laut, karena anak anak sejauh ini belum pernah bermain dengan base permainan agar agar. 

Di dalam sensory play terdapat agar agar yang sudah umma masak sebelumnya dan ditetesi warna biru. Lalu umma juga sudah menyiapkan pasir pantai dan tak lupa pernak pernik yang ada di pantai seperti kerang dan pohon kelapa.



Cara bermain :


1. Melihat sensory play ini anak anak sudah tidak sabar untuk bermain, tapi jangan lupa ajarkan doa terlebih dahulu ya, agar anak anak terbiasa.


2. Jelaskan kepada anak hari ini kita akan belajar tentang hewan yang hidup di laut.


3. Minta anak menyebutkan warna dan nama nama hewan tersebut.


4. Lalu siapkan sendok dan alat penunjang lain agar anak bereksplorasi.


5. Jika anak anak sudah mulai santai, bacakan surat as safaat ayat 142.


Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

فَا لْتَقَمَهُ الْحُوْتُ وَهُوَ مُلِيْمٌ

"Maka dia ditelan oleh ikan besar dalam keadaan tercela."

(QS. As-Saffat 37: Ayat 142)


Bahwa dahulu Nabi Yunus as pernah di telan ikan besar, yaity paus biru. Paus biru merupakan salah satu hewan terbesar dan terberat di dunia.


Nabi Yunus as akhirnya diselamtkan oleh Allah SWT, diampuni dosanya dan kembali mengajak berbuat kebaikan pada orang orang.


6. Ayoo temukan paus biru.. !

Mana hewan yang paling kamu sukai ?


7. Jangan lupa doa penutup majelis.

سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ


Anak anak sangat senang dengan permainan hewan laut. Sensory play dengan base agar agar dan pasir sangat cocok dimainkan di tempat terbuka. Dan sangat tidak di rekomendasikan bermain di dalam ruangan.


Apalagi jika terdapat anak yang mengekplorasinya dengan cara melempar lempar agar, dinding dan perabotan rumah bisa menjadi kotor ya ..


Yaa allah bantu, bimbing kami..


Tuesday, 18 January 2022

Dry Season sensory bin

Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most merciful.


Hari ini cuaca agak sedikit mendung, matahari belum terlihat meskipun waktu sudah menunjukkan jam 9:30 pagi.

Hari ini ingin mengenalkan musim panas atau musim kemarau kepada anak anak. Meskipun bulan januari termasuk musim hujan, tetapi tidak mengapa untuk mengenalkan musim kemarau.

Pagi pagi sebelum mandi, anak anak umma ajak untuk bermain di luar. Karena rencana nya umma ingin membuat media belajar dengan sensory bin dan pasir sebagai base permainan.

Jadi cerita nya umma ingin mengenalkan musim kemarau di sekitar pantai. Lalu umma membuat sensory bin nya berupa pasir pantau, seashell dan batu warna warni.


Alhamdulillah beberapa bulan yang lalu anak anak sempat berkunjung ke pantai. Umma sudah mempersiapkan untuk membawa pasir pantai dan seashell untuk bermain di rumah.


Cara bermain :

1. Ajak anak untuk berdoa

2. Jelaskan kepada anak kita akan mengenal musim kemarau.

3. Lemparkan pertanyaan, apa saja yang kalian lihat di senosry bin ?

4. Ketika musim kemarau pantau menjadi lebih panas dan daun daun berguguran karena kurang air. Akhirnya hanya pohon pohon dan ranting yang ada di sekitar pantai. Cuaca menjadi sangat terik dan panas di siang hari.

5. Ajak anak untuk bermain.

6. Jadi sudah cukup, bacakan Quran, 

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


وَلَقَدْ اَخَذْنَاۤ اٰلَ فِرْعَوْنَ بِا لسِّنِيْنَ وَنَقْصٍ مِّنَ الثَّمَرٰتِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُوْنَ


"Dan sungguh, Kami telah menghukum Fir'aun dan kaumnya dengan (mendatangkan musim kemarau) bertahun-tahun dan kekurangan buah-buahan, agar mereka mengambil pelajaran."

(QS. Al-A'raf 7: Ayat 130)


7. Allah SWT yang mendatangkan musim kemarau. Meskipun musim kemarau itu panas dan tanah menjadi kering, tetapi banyak juga manfaat musim kemarau untuk petani singkong, petani ikan asin, petani garam dsb. Karena mereka sangat membutuhkan sinar matahari untuk bekerja. Untuk umma sendiri di musim kemarau pakaian yang di jemur  juga cepat kering. 

Mari kita bersyukur atas musim kemarau yang diberikan kepada Allah SWT.


8. Ajarkan doa penutup majelis.

سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Anak anak sangat senang bermain dengan pasir pantai, cetakan, sendok, batu warna warni.

Si abang moussa asik dengan cetakan dan ia berimprovisasi dengam mengambil mobil buldozer dan bermain menyendokkan di pasir pantai.

Si adik 1 tahun asik dengan sendok nya dan kegiatan seperti meremas, mengacak pasir pasir.

Si mba 4 tahun asik dengan sendok, cetakan dan shorting batu warna warni. Ia berimprovisasi dengan membuat ice cream.


Yaa allah bantu, bimbing kami..

Monday, 17 January 2022

Thunder and lightning

Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most Merciful.

Hari ini agenda nya, ingin mengenalkan kepada anak anak tentang petir.


Biasanya kalau hujan deras, anak anak hanya bisa mendengerkan suara gelegar nya aja dari dalam rumah, namun belum tau seperti apa itu petir.



Biasanya petir datang bersama gemuruh atau suara gelegar yang sangat kencang. Suara ini yang familiar di telinga anak anak dan kadang membuat mereka ketakutan dan berlari menuju orang tua nya.


Biasanya ketika petir dan suara terdengar, umma interuksikan untuk banyak banyak berdzikir dan tetap tenang.


Hari ini permainan cukup simple umma hanya menyiapkan dua plastik yang nantinya akan anak anak tiup dan dipecahkan.


1. Berdoa sebelum belajar


2. Jelaskan kepada anak anak hari ini akan belajar tentang petir secara sederhana.


3. Umma awali dengan pertanyaan,


Apakah ingat bagaimana suara petir ?


Apa yang kalian lakukan jika terdengar suara petir ?


Dari mana petir berasal ?


4. Anak anak meniup plastik dan dipilin bagian ujung


5. Minta anak untuk memecahkan bersama, di bantu  ibu.



Mendengar suara plastik di pecahkan, anak anak kaget disini ibu bisa menjelaskan begitu suaru petir. Dan menjelaskan secara singkat tentang surat Al Khaf : 40, ternyata Allah SWT lah yang mengeluarkan petir dari langit.


Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


فَعَسٰى رَبِّيْۤ اَنْ يُّؤْتِيَنِ خَيْرًا مِّنْ جَنَّتِكَ وَيُرْسِلَ عَلَيْهَا حُسْبَا نًا مِّنَ السَّمَآءِ فَتُصْبِحَ صَعِيْدًا زَلَـقًا 

"Maka mudah-mudahan Tuhanku, akan memberikan kepadaku (kebun) yang lebih baik dari kebunmu (ini); dan Dia mengirimkan petir dari langit ke kebunmu, sehingga (kebun itu) menjadi tanah yang licin,"

(QS. Al-Kahf 18: Ayat 40)


Anak anak sangat tertarik dengan experimen ini, dan ingin mengulangi menecahkan plastik.


Untuk gambar petir umma perlihatkan sebuah gambar petir dan mendeskripsikan secara singkat.


سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Yaa allah bantu, bimbing kami..

Sunday, 16 January 2022

Origami Fan

Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most Merciful.

Hari minggu yang alhamdulillah cerah, anak anak main keluar untuk meniknati udara pagi hari. Berlarian ditemani Udara yang masih fresh dan angin yang tertiup spoi spoi.


Terjadilah dialog dengan anak akan angin. Umma menyuruh mereka untuk merasakan hembusan angin yang lembut, mengamati daun daun, ranting, bunga yang bergerak akibat tiupan angin.


Hari ini mengenalkan anak anak akan angin dengan permainan sederhana, dengan membuat kipas dari kertas.


Hari ini adalah hari minggu, sebetulnya umma ingin bermain  tanpa harus ribet menyiapkan sesuatu. Karena planing hari ini umma ingin membuat rainbow cake. Namun karena badan umma sedang sedikit lemas, maka umma urungkan untuk membuat cake.


Sebagai gantinya, umma mengajak anak anak untuk membuat kipas dari kertas origami.


Anak anak tugas nya mengelem dan membuat gambar pada kertas. Untuk mengunting, umma yang melakukanya.

Cara bermain


1. Ajarkan doa sebelum belajar 


2. Jelaskan kepada anak bahwa hari ini akan belajar tentang angin, dengan membuat kipas kertas


3. Minta anak untuk mengambar pada kertas origami


4. Minta anak untuk mengelem kertas


5. Lalu bermain dengan kipas yang menimbulkan angin.


6. Bacakan ayat al quran

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


وَهُوَ الَّذِيْ يُرْسِلُ الرِّيٰحَ بُشْرًاۢ بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهٖ ۗ حَتّٰۤى اِذَاۤ اَقَلَّتْ سَحَا بًا ثِقَا لًا سُقْنٰهُ لِبَلَدٍ مَّيِّتٍ فَاَ نْزَلْنَا بِهِ الْمَآءَ فَاَ خْرَجْنَا بِهٖ مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ ۗ كَذٰلِكَ نُخْرِجُ الْمَوْتٰى لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ


"Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa kabar gembira, mendahului kedatangan rahmat-Nya (hujan), sehingga apabila angin itu membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu. Kemudian Kami tumbuhkan dengan hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran."

(QS. Al-A'raf 7: Ayat 57)


Jelaksan kepada anak anak dengan bahasa yang ia pahami. Allah SWT yang meniupkan angin, lalu awan awan akan bergerak jalan di tempat yang Allah SWT inginkan. Setelah itu Allah SWT akan menurunkan di tempat yang tandus dan menumbuhkan biji bijian.


Maa sya allah ya, Allah SWT begitu baik, sebelum hujan Allah meniupkan angin yang membawa awan ke tempat yang tandus, dan memberikan kehidupan disana agar tanaman tanaman bisa tumbuh subur.


Alhamdulillah mba malika bisa menyelesaikan kipas origami nya, ia lalu mengipas ngipaskan ke mukanya dan merasakan angin. Si adik bayi juga melakukan hal yang sama, ia begitu cepat meniru dan antusias  mengipas kan kertas ke arah nya. Maa sya allah

Bagaimana rasanya angin ?


Apa kamu suka bermain dengan angin ?


Apakah kamu bisa melihat angin ?


Siapa yang menciptakan angin untuk makhluk ?

7. Apresiasi anak atas apa yang telah ia lakukan, jangan lupa berikan sentuhan kasih sayang.

8. Ajak anak berdoa sesudah belajar.


سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ


Yaa allah bantu, bimbing kami..

Saturday, 15 January 2022

Day and Night Sensory bin

Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most Merciful.


Mari kita belajar tentang malam dan siang, siapa yang mengatur waktu sedemikian sempurna ? Malam indah dengan cahaya nya dan pagi hari indah dengan warna warna nya.

Umma membuat sensory bin yang menggambarkan tentang perbedaan malam dan siang. Untuk malam base bermain dengan pasir, sedangkan untuk siang, base bermain dengan tepung terigu.

Cara bermain :

1. Ajak berdoa sebelum belajar

2. Jelaskan kita akan belajar tentang malam dan siang.

3. Lempar pertanyaan untuk apa yang ia lihat di sensory bin.

Apa warna langit saat malam ?
Apa warna langit saat siang ?
Apa yang terdapat di langit saat malam tiba ?
Apa yang terdapat di langit saat pagi menjelang siang ?

4. Lalu ajak anak untuk memainkan sensory bin denga  imajinasi mereka. Jangan lupa siapkan gelas, sendok dll yang dapat menunjang permainan.

5. Jika sudah merasa cukup bacakan ayat dalam Quran

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَ اَغْطَشَ لَيْلَهَا وَاَ خْرَجَ ضُحٰٮهَا 


"dan Dia menjadikan malamnya (gelap gulita), dan menjadikan siangnya (terang benderang)."
(QS. An-Nazi'at 79: Ayat 29)

Ternyata Allah SWT yang menjadikan malam itu gelap dan siang itu terang.

Apa kegiatan yang kamu biasa lakukan di malam hari ?

Apa kegiatan yang biasa kamu lakukan pada siang hari ?

Apapun itu jangan lupa untuk sholat, berdzkir kepada Allah ya, semoga aktivitas mu banyak mengandung kebaikan dan mendapat ridho Allah SWT.



سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Yaa allah bantu, bimbing kami..




Cloud water drop

Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most Merciful.



Hari ini umma ingin mengenalkan awan awan ciptaan Allah SWT. Pagi pagi umma dan anak anak pergi keluar untuk memperhatikan awan, berbicara bagaimana bentuknya dan apa warna nya.

Lalu, umma sempat kelelahan di pagi hari karena harus memasak dan membereskan rumah. Jadi umma putuskan untuk istirahat saja. 

Pada malam hari ternyata anak anak masih asik bermain dengan meinan dalam kotak, akhirnya umma ajak bermain kolase kapas,sebelum anak anak tidur umma sudah menyiapkan kertas origami yang akan di tetesi oleh warna biru.



Alat dan bahan :


 1. Kertas origami yang sudah di gambar awan

2. Kapas

3. Lem

4. Pewarna makanan biru

5. Droplet

Cara bermain :

1. Ajarkan anak berdoa sebelum belajar

2. Jelaskan kita akan membuat awan dari kapas

3. Remind kembali pengamatan tentang awan di pagi hari, dengan pertanyaan sederhana.

Apa warna awan ?

Bagaimana bentuk nya ? 

Siapa yang menciptakan awan ?

4. Minta anak untuk mengambar awan pada kertas

5. Beri lem pada kertas

6. Kolasi kapas di gambar awan tersebut

7. Jika sudah, minta anak untuk meneteskan pewarna pada kapas dengan droplet. Intruksikan agar hati hati meneteskan nya.

8. Bacakan surat tentang awan dalam quran

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

اَللّٰهُ الَّذِيْ يُرْسِلُ الرِّيٰحَ فَتُثِيْرُ سَحَا بًا فَيَبْسُطُهٗ فِى السَّمَآءِ كَيْفَ يَشَآءُ وَيَجْعَلُهٗ كِسَفًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلٰلِهٖ ۚ فَاِ ذَاۤ اَصَا بَ بِهٖ مَنْ يَّشَآءُ مِنْ عِبَا دِهٖۤ اِذَا هُمْ يَسْتَبْشِرُوْنَ 


"Allah-lah yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang Dia kehendaki, dan menjadikannya bergumpal-gumpal, lalu engkau lihat hujan keluar dari celah-celahnya, maka apabila Dia menurunkannya kepada hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki tiba-tiba mereka bergembira."

(QS. Ar-Rum 30: Ayat 48)

Jelaskan dengan kalimat sederhana yang di mengerti anak anak.

9. Ajari anak untuk berdoa sesudah belajar

سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Ya allah bantu, bimbing kami..


Moon play dough

Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most Merciful.


Bulan januari tak terlepas dari musim hujan, srring kali awan mendung mengelayut. Malam ini mba malika keluar rumah untuk hunting bulan. Namun karena cuaca sedang mendung beberapa hari ini, langit hanya menampakkan kepolosanya. Tanpa bintang dan tanpa bulan.

Tak mengapa, insya allah lain kali kita bisa melihat bulan bersama. Akhirnya, umma mengajak mba malika untuk bermain play dough dengan membentuk bulan tentunya sambil menyampaikan ayat ayat Allah SWT.



Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَّجَعَلَ الْقَمَرَ فِيْهِنَّ نُوْرًا ۙ وَّجَعَلَ الشَّمْسَ سِرَا جًا

"Dan di sana Dia menciptakan bulan yang bercahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita (yang cemerlang)?"
(QS. Nuh 71: Ayat 16)

Hari ini mba senang sekali, ketika umma mengajukan pertanyaan, dan ia bisa menjawab, umma memberinya hadiah kecil yang ia suka seperti yuppie. Maa sya allah alhamdulillah.



 

سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ


Yaa allah bantu, bimbing kami..

Friday, 14 January 2022

Menghadirkan cinta saat bermain bersama anak, bukan pembiasaan

Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most Merciful.


1. Cinta itu butuh bukan membutuhkan. 

Seperti halnya manusia membutuhkan makanan bukan makanan membutuhkan manusia. Secara naluri saat manusia lapar pasti akan mencari makanan.

Namun harus dilihat lagi apa tujuan makan ? Saat manusia makan hanya untuk memenuhi perutnya, maka saat selesai makan ia hanya mendapatkan rasa kenyang.

Berbeda ketika manusia makan yang bertujuan untuk meningkatkan tenaga agar kuat beribadah, agar raga kokoh dalam mengerjakan amalan kebajikan dan niat makan untuk bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat tubuh yang di berikan.

Maka, bukan hanya rasa kenyang yang diperoleh, tetapi juga ridho Allah SWT dan pahala kebajikan, insya allah.

Sama halnya seperti mendidik anak, orang tua lah yang membutuhkan. Niat nya hanya taat dan menjadi anak yang di harapkan oleh Allah SWT, bukan semata mata hanya ingin mencerdaskan anak dalam bidang kognitif atau akademis.

Banyak orang berkata bahwa anak paling membutuhkan dalam mendidik, padahal sebaliknya, orang tua lah yang membutuhkan anak nya. Karena saat orang tua meninggal kelak doa anak lah yang bisa meninggikan derajat nya di hadapan Allah SWT.

2. Cinta menuntut si pecinta untuk berkorban.



Terkadang dalam membersamai anak ibu sudah berada di zona nyaman. anak dibiarkan saja bermain tanpa arah dan tujuan hingga anak terjerumus ke aktivitas yang lebih banyak mendatang kan mudhorot. Akibatnya banyak aspek terlewatkan di usia belia sang anak.

Fitrah keimanan dan bermain tidak terpenuhi dan terlewatkan karena kondisi sang ibu masih sibuk dengan keresahan diri sendiri. Kita harus mau belajar dan terus bebenah, karena ini konsekwensi menjadi seorang ibu sebagai madrasah pertama bagi anak anak.

Karena cinta, kita harus mau untuk terus belajar dan menjadi lebih baik. Semua butuh proses namun karena tuntutan cinta proses yang tak mudah akan menjadi ringan dengan doa dan ikhtiar.

Lawan kemalasan, lawan kegundahan, lawan hal hal buruk dalam jiwa dan bersiaplah menghadapi tugas yang hanya di tangan mu generasi umat ini bisa menjadi lebih baik.

3. Cinta itu tentang memberi dan tidak menuntut untuk menerima.



Memberikan apa yang terbaik dalam diri kita, waktu, tenaga, pikiran dan memaksimalkan apa yang dikerjakan. Cinta tidak pernah melihat hasil karena cinta tidak membutuhkan sesuatu untuk diterima.

Pun sang pemilik sumber cinta  tidak pernah melihat hasil dan bukan manusia yang menentukan sebuah kemenangan. 

Tugas manusia di dunia hanya bersabar dan berjuang. Bukan menjadi pemenang, Bersabar dan berjuang yang diiringi doa akan membuahkan hasil yang dahsyat.

Seperti halnya Nabi Musa as. dan Bani Israel yang berjuang dan bersabar dalam menghadapi Fir'aun. Namun atas ijin Allah SWT, air laut setinggi gunung yang mengalahkan Fir'aun dan tentaranya.

Bukanlah Nabi Ibrahim as. yang menggalahkan Namrud tapi gerombolan nyamuk yang menyerbu atas perintah Allah SWT.

Untuk mendidik anak, hasil akhir hanya di tangan Allah SWT. Manusia hanya memberi semua yang terbaik karena "cinta".

4. Cinta itu selalu mengerti.



Membersamai anak harus melihat dan mengerti kondisi anak. Saat anak sakit, bad mood atau tidak tertarik dengan permainan yang di sediakan, maka sebaiknya tidak memaksa. Pun ketika ibu sedang lelah maka istirahatlah sejenak. Bisa dengan diganti permainan lain atau bermain di lain waktu. 

Bukan dengan pembiasaan yang menuntut kebiasaan, Bermainlah dengan menghadirkan cinta. 

5. Hadirkan cinta segitiga.



Hal yang paling penting dalam membersamai anak adalah menghadirkan cinta untuk pemilik cinta. Cinta segitiga harus dihadirkan, cinta antara ibu dan anak dan cinta tertinggi kepada illahi. Curahkan cinta ibu saat membersamai anak namun tetap tujuan dan muara kita hanyalah satu, yaitu pemilik cinta yang agung. Ajak anak juga untuk belajar mencinta, menghadirkan cinta kepada Allah SWT.

Maka minta hanya kepada sang penguasa cinta untuk terus menghidupkan pijar cinta keimanan. Berjalan dalam lorong istiqomah sampai maut menjemput dan membawa segudang cinta yang agung untuk kekasih abadi.

Wallahualam bishowab

Yaa allah bantu, bimbing kami..

Thursday, 13 January 2022

Sampaikan dengan metode tanya jawab dalam bermain

Bismi-llāhi r-raḥmāni r-raḥīm in the name of Rabb, most Gracious, most Merciful.



Asy-Syaikh Muhammad At-Tamimi dalam kitab nya yang berjudul Ta'lim Ash-Shibyan At-Tawhid mengatakan metode soal tanya jawab termasuk metode yang terbaik dalam pengajaran, karena pertanyaan mendatangkan perhatian lebih dari seseorang, sehingga dirinya lebih siap untuk menerima sebuah informasi.



Metode ini juga sebagaimana yang Allah SWT sebutkan di dalam Al Quran pada banyak tempat, diantaranya firman Allah SWT : " Hari kiamat, apakah hari kiamat itu ? Tahukah kamu apa hari kiamat itu ?" (Qs. Al Qari'ah :1-3) juga firman Allah SWT : "Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?" (Q.s Al Qadr:2).

Selain itu metode ini juga sering digunakan nabi SAW dalam banyak hadits nya, diantaranya sabda beliau : "apakah hak Allah SWT atas hamba-Nya dan apa hak hamba atas Allah SWT?", 

"Tahukah kalian apa itu ghibah ?"

"Tahukah kalian siapa orang yang bangkrut itu ?"

"Tahukah kalian siapa yang disebut mandul itu ?"

Dan hadits hadits lainya. Wallahualam


Yaa allah bantu, bimbing kami..